Kamis, 12 Juli 2012

Ayo Shalat di Shaf Pertama


Bismillaah, Alhamdulillaah wa shallaatu wa salam ‘ala Nabiyyina Muhammad. Alhamdulillaah, pada hari ini saya masih bisa bertemu dengan pembaca sekalian melalui tulisan di atas laman blog ini yang walau tidak secara langsung bisa bertemu namun saya harap pertemuan ini bisa bermanfaat. Pada hari ini insyaAllaah saya akan membahas mengenai keutamaan shalat di shaf pertama, namun sebelum membahas saya ingin bertanya dulu mengenai kabar antum/na sekalian, bagaimana kabarnya? Saya doakan semoga antum/na tetap sehat wal afiat, tetap istiqamah di atas jalan Sunnah , dan semoga Allaah merahmati,memberi petunjuk, dan pengampuni dosa-dosa kita semua. Tujuan saya menulis pembahasan ini adalah untuk memotivasi diri saya pribadi dan juga pembaca sekalian untuk memilih tempat shalat yang pas, yaitu shalat di shaf pertama dan itu merupakan sebaik-baiknya shaf sholat bagi laki-laki, namun bagi perempuan semakin belakang shaf nya maka akan semakin baik karena jauh dari fitnah mata laki-laki.

Shalat di shaf pertama mempunyai beberapa keutamaan, di antara keutamaanya adalah sebagai berikut :
a. Shaf pertama derajat pahalanya paling tinggi. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullaah shallallaahu alaihi wa salam yang artinya, “ Sebaik-baik shaf kaum laki-laki adalah yang pertama dan shaf yang paling rendah derajatnya adalah yang terakhir. Sementara itu sebaik-baik shaf wanita adalah yang terakhir dan shaf yang laing rendah derajat pahalanya adalah yang pertama.” ( HR. Muslim).  Maka itu bila kita ingin meraih pahala yang besar maka pilihlah shaf pertama dan bagi yang perempuan pilihlah shaf yang terakhir apabila ia melaksanakan shalat berjamaah di masjid yang walau pun shalat di rumah sendirian bagi wanita lebih baik dan lebih besar pahalanya.
b. Allaah dan Para Malaikat bershalawat kepada orang-orang yang shalat di shaf pertama. Hal ini sesuai hadits Dari Nu’man bin Basyir radhiyallaahuanhu ia mendengar Rasulullaah Shallallaahu Alaihi wa Salam bersabda, “ Sesungguhnya Allaah dan Para malaikat bershalawat kepada shaf pertama atau kepada shaf-shaf pertama.” ( HR. Ibnu Majah dengan sanad shahih). Maksud dari Allaah bersholawat adalah memberikan ampunan dan para malaikat bersholawat adalah memohonkan ampunan kepada Allaah. Maka itu bila kita ingin meraih ampunan Allaah maka berusahalah untuk shalat di shaf pertama karena sungguh dosa yang kita lakukan alangkah banyaknya dan ampunan Allaah amatlah besarnya lagi pantas diharapkan.
c. Rasulullaah Shallallaahu Alaihi wa Salam memohon ampunan kepada Allaah tiga kali bagi orang yang shalat di shaf pertama dan memohon ampunan kepada Allaah sebanyak satu kali bagi yang shalat di shaf kedua. Hal ini sebagaikana hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban dan Hakim. Maka itu dari hadits ini hendaknya kita berupaya shalat di shaf pertama karena kita dimohonkan ampun tiga kali oleh Rasulullaah shallallaahu alaihi wa salam yang mana itu berarti dosa yang diampuni oleh Allaah akan semakin banyak.
Alhamdulillaah, akhirnya selesailah sudah pembahasan mengenai keutamaan shalat di shaf pertama, semoga kita bisa mengamalkannya dan silakan disebarkan untuk kemaslahatan kaum muslimin dan untuk mendapatkan pahala yang besar lagi mengalir. Karena Rasulullaah Shallalaahu Alaihi wa Salam bersabda, “ Barangsiapa mengajak kepada petunjuk, maka dia memperoleh pahala seperti pahala orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun.....” ( HR. Muslim). Bayangkan bila yang mengamalkan ilmu yang kita sebarkan semakin banyak maka pahala yang mengalir kepada kita semakin banyak,insyaAllaah.
Wallaahua’lam bis shawab.

Sumber   : Ensiklopedi Shahih Fadhail A'mal


0 komentar:

Posting Komentar