Sabtu, 07 Juli 2012

Keutamaan Memohonkan Ampun Bagi Kaum Mukmin dan Mukminah


Bismillaah, Alhamdulillaah wa shallatu wa salam ‘ala Nabiyyina Muhammad. Alhamdulillaah yang telah menjadikan langit dan bumi yang begitu megahnya dan juga semua apa yang diantara keduanya, sungguh tiada sesembahan yang hak melainkan Dia. Alhamdulillaah yang telah menjadikan kita manusia,makhluk yang memiliki kehendak dan mampu untuk memilih jalan hidup, dan itulah tinggal diri kita apakah kita mengambil jalan Allaah yang mulia atau jalan thogut yang tercela.

Saudaraku kaum mukimin dan mukminah, mungkin diri kita sering beristighfar atau mohon ampun atas dosa-dosa diri kita masing-masing dan istighfar merupakan hal yang sangat dibutuhkan bagi seorang mukmin karena manusia walaupun dia adalah seorang alim tentu tidak ma’sum dan cenderung berbuat salah. Namun wahai saudaraku, pernahkan kita memohonkan ampun sesama mukminin dan mukminah, bila sudah dan pernah maka lanjutkanlah amalan  ini, dan kalau belum maka mulailah untuk mengamalkan amalan ini.
Saudaraku yang kucintai karena Allaah Subhanahu wa Taala, keutamaan mendoakan apalagi memohonkan ampun kaum mukminin dan mukminah adalah sangat besar  yaitu akan diberikan pahala sejumlah mereka  sebagaimana sabda Rasulullaah shallallaahu alaihi wa salam yang artinya Barangsiapa memintakan ampunan bagi orang-orang mukmin maupun mukminah, maka Alloh akan menulis baginya dari setiap orang mukmin maupun mukminah sebagai satu kebajikan.” (HR. Ath-Thobroni dan dishohihkan oleh al-Albani rahimahullah).  Hadits ini menunjukkan betapa besarnya pahala memohonkan ampun bagi kaum mukiminin dan mukminah, yaitu akan ditulis satu kebajikan dari tiap mukmin dan mukminah. Lalu bagaimana bila jumlah kaum mukmin dan mukminah berjumlah jutaan bahkan miliaran, apalagi bila kita juga memohonkan ampunan kepada Allaah bagi mukmin dan mukminah yang sudah wafat sebelum kita.
Maka itu wahai saudaraku pantaslah bagi kita untuk saling mendoakan, saling mencintai, saling tolong menolong sesama kaum muslim karena setiap mukmin adalah saudara, janganlah kita perang saudara hanya gara masalah sepele seperti masalah saling hina antar suku, saling hina antar budaya, dan sebagainya.
Dan ingatlah jua keutamaan mendoakan saudara sesama muslim berdasarkan hadits berikut bahwa Rasulullaah shallallaahu alaihi wa salam bersabda “Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.”(HR. Muslim no. 4912).
Sekian pembahasan kali ini, semoga bisa bermanfaat,
Wallaahua’alam bis shawab........
                                                                             
Sumber       :
-         Artikel Ustaz Farid Muhammad al-Buthony, Lc di ibnuabbaskendari.wordpress.com mengenai amalan-amalan kecil berpahala besar.
-          


0 komentar:

Posting Komentar