Senin, 02 Juli 2012

Meraih Keutamaan Shalat di Empat Masjid

Bismillaah...
          Alhamdulillaah wa shallaatu wa salam ‘ala Nabiyyina Muhammad.
          Shalat di masjid, ya shalat berjamaah di masjid merupakan ibadah yang rutin kita lakukan sehari lima kali, shalat berjamaah di masjid merupakan ibadah ritual dan juga bisa menjadi ibadah muamalah dengan sesama manusia karena ketika kita shalat di masjid sering kita melihat antara sesama muslim berjabat tangan,menucap salam,saling menasehati dalam kebaikan, tolong menolong untuk merapikan masjid dan aktivitas lainnya. Saudaraku, dimanakah engkau sering shalat berjamaah? Di masjid agung, masjid komplek atau masjid yang sering dikunjungi wisatawan, ya dimana pun masjidnya keutamaanya sama kecuali empat masjid yang berbeda keutamaanya dan yang selainnya maka sama. Saudaraku, terkadang kita mendengar budaya ziarah ke masjid x karena ada makam wali x dan shalat di situ lebih utama berapa kali, sebenarnya hal itu salah karena Rasulullaah shallallaahu alaihi wa salam hanya menjelaskan empat masjid saja yang berbeda keutamaanya yaitu Masjidil Harom,Masjid Nabawi, Masjidil Aqsa dan juga Masjid Quba.

          Saudaraku, apa saja keutamaan shalat di keempat masjid tersebut, mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

a.     Masjidil Haram.
Shalat di Masjidil Haram lebih utama seratus ribu kali shalat sebagaimana sabda Rasulullaah shallallaahu alaihi wa salam yang artinya “ Shalat di masjidku ( Masjid Nabawi) lebih utama daripada seribu shalat di selainnya kecuali Masjidil Haram.Dan shalat di Masjidil Haram lebih utama daripada seribu shalat.” Hadits ini diriwayatkan oleh Ahmad dan Ibnu Majah dengan sanad shahih.

b.     Masjid Nabawi.
 Shalat di Masjid Nabawi lebih utama seribu kali shalat daripada shalat di masjid lainnya kecuali masjidil Haram. Hal ini sesuai hadits bahwa Rasulullaah shallallaahu alaihi wa salam bersabda,” Satu shalat di masjdiku ini lebih utama daripada seribu shalat di masjid-masjid lainnya kecuali Masjidil Haram.“Hadits ini diriwayatkan oleh Muslim.

Shalat di masjid Aqsa memiliki keutamaan sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits berikut yang artinya Rasulullaah shallallaahu alaihi wa salam bersabda , ‘ Manakala Sulaiman bin Dawud telah menyelesaikan pembangunan Baitul Maqdis, dia memohon kepada Allaah atas hukum yang sesuai dengan hukumNya,kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapa pun sesudahnya dan bahwa tidaklah seorang datang ke masjid ini dengan keinginan melaksanakan shalat di dalamnya kecuali dia terbebas dari dosa-dosanya seperti pada saat dia dilahirkan oleh ibunya.’ Hadits ini diriwayatkan oleh Ahmad, Nasai, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan Hakim. Dia berkata, “ Shahih di atas syarat Bukhari dan Muslim.”

d.     Masjid Quba
Shalat di masjid Quba memiliki keutamaan besar yaitu apabila seorang berwudhu di rumahnya lalu shalat di masjid Quba maka pahalanya menyerupai pahala umroh. Hal ini sebagaimana sabda beliau shalllallaahu alaihi wa salam yang artinya , ‘ Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu datang ke Masjid Quba dan shalat di dalamnya, maka dia mendapat pahala seperti pahala umroh.’ Hadits ini diriwayatkan oleh Ahmad, Nasai, Ibn Majah, dan Hakim. Dia berkata sandanya shahih.

Sekian pembahasan mengenai beberapa keutamaan shalat di masjid-masjid yang Allaah sepesialkan keutamaanya. Semoga kita semua bisa shalat di sana walau hanya dua rakaat, apalagi bila Allaah mengurniakan kita semua shalat di salah satu dari keempat masjid di atas sampai akhir hayat.

Mohon maaf bila ada kesalahan, kritik dan saran kami harapkan. Wallaahua’lam bis shawab....

Sumber  : Ensiklopedi Shahih Fadhail A'mal

0 komentar:

Posting Komentar