Kamis, 21 Juni 2012

Pahala Mencukur Rambut

Bismillaah... Alhamdulillaah wa shallatu wa salam ‘ala Rasulillaah wa asyahdu ala illa ha illallaah wa asyahadu anna Muhammadan ‘Abduhu wa Rasuluuluh. Alhamdulillaah pada hari ini saya masih diberikan kesempatan oleh Allaah, Rabb Yang Maha Mulia untuk tetap menulis di atas laman blog tepatnya di blog shahihfadhahilamal yang merupakan blog yang memuat  himpunan motivasi-motivasi untuk beramal shalih.

Saudaraku kaum muslimin wa muslimat yang berbahagia, mencukur rambut bagi laki-laki merupakan sebuah aktivitas untuk menjaga kerapian supaya terlihat lebih bagus penampilannya dan mencegah orang terganggu dari rambut yang kurang rapi atau acak-acakan. Saudaraku, mencukur rambut pun berpahala sebagaimana yang dijelaskan dalam beberapa hadits.
Hadits yang pertama adalah Dari Ummul Hushain radhiyallaahu anha dia mendengar pada haji wada’, Rasulullaah shallallaahu alaihi wa salam mendokan orang-orang yang mencukur habis rambutnya tiga kali dan satu kali doa untuk orang yang memendekkannya, hadits ini diriwayatkan oleh Muslim.
Hadits yang kedua adalah Dari Abu Hurairah radhiyallaahu anhu bahwa Rasulullaah Shallallaahu alaihi wa salam bersabda, ‘ Ya Allaah ampunilah orang-orang yang menggunduli kepalanya.’ Mereka berkata,’ Ya Rasulullaah dan orang-orang yang memendekkan rambutnya.’ Rasulullaah shallallaahu alaihi wa salam menjawab, ‘ Ya Allaah ampunilah orang-orang yang menggunduli kepalanya.’ Mereka berkata, ‘ Ya Rasulullaah dan orang-orang yang memendekkan rambutnya.’ Rasulullaah shallallaahu alaihi wa salam menjawab, ‘ Ya Allaah, ampunilah orang-orang yang menggunduli kepalanya.’ Mereka berkata, ‘ Ya Rasulullaah, dan orang-orang yang memendekkan rambutnya.’ Rasulullaah Shallallaahu Alaihi wa Salam menjawab, ‘ Dan orang-orang yang memendekkan rambutnya.’ ( HR. Muslim)
Dari kedua hadits tersebut kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Rasulullaah Shallallaahu alaihi wa Salam memohonkan ampun kepada Allaah sebanyak tiga kali bagi orang yang menggunduli kepalanya ( laki-laki bukan perempuan) dan juga memohonkan sekali bagi orang laki-laki yang memendekkan rambutnya. Jadi intinya bila kita mencukur rambut tentu akan mendapatkan pahala, Subhanallaah....Sungguh Allaah Maha Pemurah, sampai-sampai kegiatan yang ringan dan terkadang dianggap sepele Allaah berikan pahala, yang ringan saja sudah diberi pahala apalagi yang besar amalannya seperti berjihad, berdakwah, dsb...
Wallaahua’lam bis Shawab...

Sumber Buku         :
-         Kitab Ensiklopedi Shahih Fadhail A’mal halaman 199 hadits nomor 512 dan 513.

0 komentar:

Posting Komentar