Jumat, 15 Juni 2012

Berdoa Itu Berpahala

Bismillaah....
            Alhamdulillaah wa shallatu wa salam ‘ala Nabiyyina Muhammad. Kawanku, bagaimana kabar engkau sekalian? Semoga engkau sehat selalu dan tetap istiqamah di atas jalur tauhid dan Sunnah.

            Pada hari ini insyaAllaah ana akan membahas mengenai keutamaan berdoa. Ana sengaja membahas materi ini untuk memotivasi diri ana pribadi dan memotivasi antum/na semua yang membaca blog ini.
            Kawanku, pernah kita sejenak merenung akan ke-Maha Pemurahan Allaah? Kawanku, adakah seseorang yang apabila diminta akan semakin memberikan yang lebih ? adakah seorang yang sangat kaya dan menyuruh orang lain yang kurang kaya untuk meminta kepadanya dan mintanya kepadanya ia bayar? Kayaknya...jawabannya adalah gak ada, ya jelas ga ada. Manusia akan semakin marah dan sebal bila sering diminta, dan manusia akan semakin menjauh dari orang-orang yang suka minta tolong kecuali manusia yang menginginkan pahala yang melimpah di akhirat. Lalu siapakah yang bila diminta maka akan semakin senang, yang kalau meminta saja memberikan imbalan, siapakah ? Ya jawabannya adalah Allaah, ya Dialah Allaah Yang Maha Kaya lagi Maha Mengabulkan Doa.
            Kawanku, tahukah engkau pahala berdoa kepada Allaah ? Apakah kita merasa terheran-heran dengan hal ini ? Masa kita minta dapat pahala? Ya, tidak usah heran karena itulah ke-Maha Pemurahan , ke-Maha Pengasihan Allaah Subhanahu wa Ta’ala. Pahala berdoa adalah sebagai berikut :
            a. Orang yang berdoa akan diampuni dosa-dosanya oleh Allaah. Hal ini berdasarkan hadits yang artinya bahwa Rasulullaah shallallaahu alaihi wa salam bersabda, “ Allaah berfirman, Wahai Bani Adam, selama kamu berdoa dan berharap kepadaKu, maka Aku ampuni apa yang kamu kerjakan dan Aku tidak peduli.” ( HR. Tirmidzi, hadits ini hasan)
            b.Orang yang memperbanyak doa ketika sedang mudah akan Allaah kabulkan doa saat orang tersebut dalam keadaan sulit. Hal ini berdasarkan hadits yang artinya Rasulullaah shallallaahu alaihi wa salam bersabda, “ Barangsiapa ingin Allaah menjawab doanya saat berada dalam kesulitan, maka hendaknya dia memperbanyak doa saat berada dalam kemudahan.” ( HR. Tirmidzi dan Hakim berkata sanadnya shahih, hadits ini derajatnya hasan).
            c. Doa adalah ibadah. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam hadits shahih yang artinya Nabi shallallaahu alaihi wa salam bersabda, “ Doa adalah ibadah.......” ( HR. Abu Dawud,Tirmidzi, Nasai, Ibnu Majjah, dan Ibnu Hibban, hadits ini shahih).
            d. Seorang yang berdoa kepada Allaah akan dipalingkan dari keburukan yang akan menimpanya, hal ini berdasarkan dengan hadits yang artinya Rasulullaah shallallaahu alaihi wa salam bersabda, ‘ Tidaklah seorang muslim di muka bumi yang berdoa kepada Allaah dengan suatu doa, kecuali Allaah memberikannya kepadanya atau memalingkan darinya keburukan serupa dengan yang diminta selama dia tidak berdoa untuk dosa atau pemutusan silaturahmi....” ( HR. Tirmidzi dia berkata hadits hasan shahih )
            Ya, itulah beberapa keutamaan dari berdoa kepada Allaah. Semoga pembahasan ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan bisa menambah semangat kita dalam berdoa kepada Allaah...
            Wallaahua’alam bis Shawab..........
Link Terkait :                                          

1 komentar:

My Laboratorium mengatakan...

Masyaallah...Allah memang maha pemurah
Hati saya seakan2 terbuka setelah membaca artikel ini.Semoga setelah membaca artikel ini saya bisa lebih sering berdo'a kepada Allah :)

Posting Komentar